Bagaimana cara mengggunakan masker yang benar?


Bagaimana cara mengggunakan masker yang benar?

                Memakai masker dainggap sebagai cara efektif untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19. Sejak Covid-19 menjadi pandemi,  permintaan dan harga masker jadi sangat tinggi karena masyarakat berlomba – lomba membeli masker untuk melindungi dirinya. Tapi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) lebih menyarakankan agar masker tersebut digunakan oleh mereka yang sakit seperti flu, batuk, atau pilek agar tidak menular ke yang lain. Sedangkan bagi yang sehat dan bugar menggunakan masker hanya jika sedang merawat diri atau kontak langsung dengan mereka yang sakit agat tidak menular kepadanya. Termasuk juga bagi yang beraktivitas di luar ruangan sangat perlunya menggunakan masker untuk menjaga diri dan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.
                Perlu diketahui, penggunaan atau pemakaian masker harus mengikuti standar Kesehatan yang berlaku. Karna, masker yang telah digunakan ada kemungkinan menjadi media penularan virus dan penyakit lainnya. Selain itu kita harus cermat dalam memilih atau membeli masker dan mengerti fungsi masing – masing masker tesebut. Berikut cara penggunaan masker yang benar dan apa yang harus dilakukan saat membuang masker yang tidak lagi digunakan :
1.       Pastikan tangan dalam keadaan bersih
Sebelum menggunakan masker, bersihkan tangan terlebih dulu dengan alkohol, sabun dan air.

2.       Tutup mulut dan hidung
Masker digunakan untuk menutup dua organ sensitif yaitu mulut dan hidung. Maka pastikan mulut dan hidung sudah tertutup masker dengan baik dan pastikan juga tidak ada celah antara wajah dan masker.

3.       Hindari menyentuh masker saat menggunakannya
Jangan menyentuh masker Ketika sedang menggunakannya apabila tidak terlalu penting karena, banyak bakteri dan virus yang menempel di masker. Jika melakukannya, bersihkan tangan terlebih dahulu dengan alkohol, sabun dan air.

4.       Ganti masker dengan yang baru apabila sudah lembab dan sudah terpakai
Apabila menggunakan jenis masker sekali pakai jangan menggunakannya lagi setelah itu karna diliat secara kasat mata masi keliatan bersih tapi sebenarnya ada banyak bakteri dan virus yag menempel pada masker.

5.       Lepaskan masker dari bagian belakang
Ketika selesai menggunakan masker, bukalah masker pada bagian belakang atau samping tergantung jenis masker yang digunakan untuk melepasnya. Jangan sentuh bagian depan masker. Dan buanglah masker di tempat sampah tetutup dan segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Berikut merupakan cara penggunaan masker yang bener berdasarkan anjuran WHO. Perlu diingat  penggunaan masker lebih disarankan kepada mereka yang sakit agar tidak menular. Sedangkan bagi yang sehat dan bugar cara terbaik untuk dapat melindungi diri dalam keaadaan seperti ini adalah dengan rajin mencuci tangan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19

Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19