PENTINGNYA SOSIAL DISTANCING


Pentingnya Sosial Distancing


Pademik covid-19 saat ini masih menjadi perbincangan hangat, karena kurva yang masih belum mengalami penurunan. Indonesia menjadi salah satu negara yang terjangkit covid-19 dengan tingkat presentase kematian terbsesar. Akhirnya pada saat covid-19 di Indonesia sudah mulai mengalami kenaikan kurva pemerintah mengambil kebijakan social distancing.


Apasih sebenarnya social distancing itu?

Social distancing adalah salah satu kebijakan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona, dan mengendalikan virus corona dengan cara jika sehat dianjurkan untuk membatasi kunjungan ke tempat yang ramai dan tidak banyak berinteraksi dengan banyak orang.
Lalu saat ini ada juga phisycal distancing, yaitu menerapkan untuk tidak berjabat tangan dan mejaga jarak sekitar minimal 1 meter dengan orang lain atau bahkan orang yang mempunyai resiko terhadap virus corona.
Sudah banyak yang dilakukan pemerintah untuk menangani covid-19 ini diantaranya:
  • Work from home 
  • Untuk pelajar/mahasiswa di berlakukan sekolah/ kuliah online
  • Pembatasan pengunjungan orang sakit karena akan meningkatakan resiko tertular virus corona
  • Tidak mengunjungi orang 

Saat ini pun Indonesia telah melakukan kebijakan baru yaitu PSBB ( Pembatasan Sosial Bersekala Besar). Aturan PSBB tercatat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020. Dalam PSBB ini banyak sekali kegiatan yang di batasi, salah satunya yaitu kegiatan keagamaan. Kendaraan hanya boleh digunakan
Namun ada beberapa tempat yang tidak mengalami pembatasan, diantaranya:

  • Supermarket, minimarket, pasar atau tempat untuk kebutuhan pokok
  • Rumah sakit atau tempat kesehatan dan pemulihan


Pemerintah melakukan berbagai kebijakan agar tingkat penyebaran berkurang sehingga yang positif covid-19 semakin sedikit. Maka kita sebagai masyarakat harus mentaati kebijakan yang berlaku.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19

Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19