Jaga Imunitas Tubuh dengan Makan Makanan Sehat dan Bergizi



Jaga Imunitas Tubuh dengan Makan Makanan Sehat dan Bergizi
Tetap Jaga Kesehatan Selama #dirumahaja, dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh tetap terjaga

      Untuk melindungi diri dari Covid-19 maka dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah aja, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga imunitas tubuh.
      Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setidaknya akan melindungi diri kita dari virus covid-19. Karena makanan sehat dan bergizi tentu memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya. Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang bebas dari bahan berbahaya dan mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air, dan mineral.
      Makanan sehat dan bergizi membuat imunitas tubuh kita menjadi kuat, nah imunitas kita akan tetap terjaga apabila kita rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi pun tidak selalu mahal, contohnya tempe, kangkung, bayam, telur dan susu termasuk makanan yang dikategorikan terjangkau untuk dibeli oleh semua kalangan.
      Berikut adalah contoh makanan sehat dan bergizi :
1. Makanan Pokok
      Makanan pkok adalah salah satu makanan yang dapat menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh karena makanan pokok merupakan gizi dasar dan penyedia nutrisi yag dibutuhkan oleh tubuh. Contoh makanan pokok tersebut  adalah :
·         Nasi, mengandung kalori dan karbohidrat
·         Sagu, mengandung kalori, karbohidrat, zat besi, kalium, kalsium, vitamin, dan asam folfat
·         Singkong, mengandung kalori, karbohidrat, serat, gula, dan protein
·         Jagung, mengandung karbohidrat, vitamin ( vitamin C, B1, B9 ), serat, dan mineral
·         Ubi, mengandung vitamin A dan  C, mineral, dan serat
      Nah, dari uraian contoh makanan pokok diatas dapat dilihat bahwa setiap makanan pokok masing masing nya memiliki nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi dengan baik, maka dari itu dengan mengonsumsi salah satu makanan sehat dan bergizi ini, tubuh kita akan memiliki imunitas tubuh yang kuat dan stabil.




2. Lauk Pauk
  
         
      Lauk pauk adalah salah satu jenis makanan pendamping makanan pokok dan merupakan salah satu anggota dari kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna. Lauk pauk termasuk makanan sehat dan bergizi, dan bisa menjaga imunitas tubuh. Karena di dalam lauk pauk terdapat berbagai macam nutrisi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, kalori, mineral, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin B12, kalium, kalsium, dan vitamin lainnya yang baik bagi imunitas tubuh. Contoh lauk pauk adalah :
·         Opor ayam ( daging ayam yang diolah dengan berbagai rempah rempah )
·         Mendoan tempe ( tempe yang baluri tepung terigu dan beberapa rempah rempah )
·         Rendang ( daging sapi yang diolah dengan berbagai rempah rempah )
·         Telur balado, ( telur yang diolah dengan rempah rempah )
·         Ikan bakar ( ikan yang dibakar dan diberi bumbu untuk menyedapkan rasa ikan bakar )






3. Buah-buahan

      Buah-buahan merupakan makanan sehat dan bergizi karena mengandung banyak sekali gizi, tinggi protein, dan kaya akan vitamin. Maka buah-buahan sangat cocok untuk dikonsumsi agar imunitas tubuh tetap terjaga. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan kemudian imunitas tubuh kita terjaga, maka tubuh kita tidak akan mudah sakit ataupun terkena virus.
      Berikut adalah contoh buah-buahan yang sangat cocok untuk dikonsumsi dalam menjaga imunitas tubuh tetap stabil dan kuat :
·         Jeruk, kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk memerangi infeksi.
·         Stroberi, mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh dan mengandung asam folat, mangan, antioksidan yang baik bagi tubuh secara keseluruhan.
·         Kiwi, memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekebalan atau daya tahan tubuh seperti folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C.
·         Semangka, memiliki banyak kandungan antioksidan ( glutathione ) dan vitamin C yang jika dikonsumsi maka akan memperkuat system kekebalan tubuh, dan likopen yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan membantu mencegah infeksi.
·         Delima, mengandung antioksidan, polifenol, dan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
      Tidak hanya contoh buah-buahan diatas saja, dengan mengkonsumsi buah-buahan lain pun dapat membantu meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh .
4. Sayuran
                  

      Sayuran merupakan salah satu makanan yang apabila dikonsumsi maka akan menjaga imunitas tubuh, karena dengan beragam macam sayuran maka bergam macam pula gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sayuran dapat dijadikan berbagai macam menu masakan, ada yang dijadikan menu masakan sayur-sayuran, ada juga yang hanya direbus saja. Meskipun begitu, sayuran tetap mengandung berbagai macam gizi dan nutrisi yang dapat meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh.
      Contoh sayuran yang dapat menjaga imunitas tubuh adalah :
·         Brokoli, merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin A dan vitamin C, selain itu brokoli juga mengandung zat antioksidan dan serat yang tinggi. Oleh sebab itu brokoli sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga dan menambah system imunitas tubuh.
·         Bayam, salah satu sayuran yang sangat kaya akan vitamin C, antioksidan, dan betakaroten yang sangat berfungsi untuk menjaga system imunitas tubuh dan melawan infeksi.
·         Bunga kol, sangat cocok untuk menjaga system imunitas tubuh karena mengandung senyawa yang disebut glutathione yang juga bisa melindungi tubuh virus karena senyawa glutathione tersebut dapat menghancurkan dan membuang virus yang ada di dalam tubuh.
·         Pakcoy, sayuran ini kaya akan vitamin C dan zat angtioksida yang sangat berguna untuk menjaga system imunitas tubuh. Selain itu, pakcoy juga mengandung selenium yang tinggi yang befungsi untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi dengan merangsang produk sel-T dan membunuh bakteri ataupun virus yang ada di dalam tubuh kita.

5. Susu

      Susu sangat kaya akan nutrisi menjadikan nya salah satu minuman yang sangat cocok untuk menjaga imunitas tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam susu diantaranya adalah Vitamin D, Protein, Kalsium, Zat besi, Omega 3 dan Omega 6, dan Prebiotik.  Nutrisi nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjaga system imunitas tubuh.

6. teh hijau

      Teh hijau berasal dari tumbuhan Camellia Sinensis. Teh hijau biasanya disajikan dengan berbagai macam cara penyajian, bisa disajikan dalam keadaan dingin atau pun panas, dan bisa dicapur dengan madu. Teh hijau memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat jika kita mengonsumsi teh hijau sangat banyak karena teh hijau memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dan membuat imunitas tubuh terjaga.
      Manfaat teh hijau lainnya adalah teh hijau dapat menurunkan kolesterol tinggi dan risiko jantung, melwan sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan berat badan, dan menstabilkan tekanan darah. Manfaat manfaat tersebut akan diperoleh tubuh kita apabila kita mengonsumsi nya secara teratur dan dalam porsi yang wajar.
      Kandungan nutrisi didalam teh hijau lainnya adalah vitamin B, Asam folat, Mangan, Kalium, dan Magnesium. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang memiliki dampak baik dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19

Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19