Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19


Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19


Pukulan yang diberikan pandemi COVID-19 yang disebabkan virus corona, membuat masyarakat global gelisah, takut, dan cemas. Alasannya jelas, meski banyak korban yang telah sembuh, tetapi virus ini menyebar sangat cepat.Rasa gelisah hingga cemas inilah yang bisa memicu permasalahan baru, yaitu stres. Ketakutan dan kecemasan tentang suatu penyakit dapat menyebabkan emosi yang kuat pada orang dewasa dan anak-anak. 
Lantas, bagaimana sih cara mengatasi stres di tengah pandemi virus corona? Nah, berikut upaya yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari stres yang disebabkan akibat virus corona. 
1. Menjaga Kesehatan Badan
Sering melakukan meditasi, makan makanan yang sehat dan seimbang, bernapas dengan stabil, sering olahraga untuk badan anda selain tetap aman dan tetap sehat.
2. Jangan Panik Karena Berita Hoax
Dari berita ke media sosial, banyak informasi yang beredar tentang coronavirus baru. Beberapa benar, tetapi banyak di antaranya mungkin salah informasi atau hanya sebagian benar, terutama karena informasi berubah dengan cepat, untuk menghindari diri dari kegelisahan atau stress akibat berita atau informasi yang negative, gunakan sumber sumber yang bisa dipercaya. Disini kita merekomendasikan situs terpercaya seperti kementrian kesehatan (Kemkes) RI, badan nasional penanggulangan bencana (BNPB,Covid19.go.id), atau pula informasi dari WHO.
3. Terhubung atau Bersilahturahmi dengan orang lain
Bicaralah dengan teman dekat atau keluarga dengan menanyakan kabar dan menceritakan hal-hal menyenangkan dengan orang yang anda percayai atau mencurahkan bagaimana perasaan anda saat situasi seperti ini membuat anda relax dan menfghindari stress yang berlebihan.

Kenali Gejala Stres Gegara COVID-19

·       Takut dan khawatir tentang kesehatan diri sendiri dan kesehatan orang yang kita cintai.
·       Perubahan pola tidur atau makan.
·       Sulit tidur atau berkonsentrasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19