Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19


Anjuran mengenai penggunaan masker
dalam konteks COVID-19

            Informasi ini menyampaikan anjuran mengenai penggunaan masker di tengah masyarakat, selama perawatan dirumah (home care), dan di tempat pelayanan kesehatan di wilayah-wilayah yang telah melaporkan kasus COVID-19. WHO baru-baru ini merangkum laporan-laporan transmisi virus COVID-19 dan memberikan gambaran singkat bukti-bukti yang ada tentang penularan dari orang-orang bergejala (simtomatik), yang belum menunjukan gejala (prasimtomatik), dan tidak bergejala (asimtomatik) yang terinfeksi COVID-19.

Yurianto mengatakan, masyarakat dapat mengenakan masker kain untuk melakukan pencegahan. Sedangkan masker bedah dan masker jenis N95 hanya diperuntukan bagi perugas kesehatan. Seruan gubernur DKI kepada seluruh masyarakat terkait. Penggunaan masker untuk pencegahan penularan COVID-19. Berikut anjuran untuk para pengguna masker :
1.      Masker medis harus disediakan untuk tenaga medis
2.      Orang yang menunjukan gejala harus
3.      Semua. Orang harus
 Adanya penelitian yang mengevaluasi penggunaan masker di fasilitas pelayanan kesehatan yang menunjukan bahwa tenaga kesehatan yang menggunakan masker kain katun lebih beresiko terinfeksi dibandingkan tenaga kesehatan yang menggunakan masker medis, masker tipis tidak akan melindungi orang dari menghirup partikel terkecil diudara karena memang tidak memiliki kemampuan menyaring, karena itu, masker kain katun tidak dianggap sesuai untuk tenaga kesehatan. Terkait APD-APD lain, jika produksi masker kain untuk penggunaan di fasilitas pelayanan kesehatan diusulkan untuk dilakukan secara lokal jika persediaannya tidak cukup atau habis, maka otoritas setempat harus melakukan penilaian atas APD yang diusulkan sesuai standar dan spesifikasi teknis minimal yang sesuai :

1.      Menggunakan jenis masker kain minimal dua lapis yang dapat dicuci
2.      Selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali
3.      Secara rutin mencuci masker kain yang digunakan, dikerjakan setiap hari

Kesimpulan studi yang dipublikasi oleh Academy of Science Engineering Medicine dan menjawab pertanyaan resmi Gedung Putih itu secara tegas menyebut bahwa virus corona bisa menyebar hanya melalui percakapan dan pernapasan. Dalam situasi demikian, praktik terbaik cara menggunakan, melepas, dan membuang masker serta membersihkan tangan setelah melepas masker harus di ikuti.

Tips memakai dan membersihkan masker kain:

1.      Tempatkan masker dengan hati-hati, pastikan masker menutup mulut dan hidung, dengan kaitkan dengan kuat untuk meminimalisasi jarak antara wajah dan masker
2.      Hindari menyentuh masker saat digunakan
3.      Lepas masker dengan teknik yang benar;jangan menyentuh bagian depan masker dari belakang
4.      Setelah melepas atau setiap kali tidak sengaja menyentuh masker yang terpakai, bersihkan tangan dengan cairan antiseptik berbahan dasar alcohol atau sabun dan air mengalir jika tangan terlihat kotor
5.      Segera ganti masker saat mesker menjadi lembab dengan masker baru yang bersih dan kering
6.      Jangan gunakan kembali masker yang sekali pakai
7.      Buang masker sekali pakai setelah digunakan dengan cara gunting dahulu dan segera buang ke tempat sampah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19

Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19