Aktivitas yang menyehatkan selama #Dirumah aja!


Sejak menyebarnya COVID-19 yang sudah menyebar ke seluruh negara. Banyak negara yang menerapkan aturan sistem lockdown seperti China, Italia, Filipina, dan lainnya. Namun untuk negara Indonesia tidak menerapkan aturan lockdown, tetapi pemerintah Indonesia menghimbau kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah atau yang bisa disebut social distancing.
Sejak pemerintah menghimbau social distancing untuk mengurangi penularan virus dengan cara menghindari pertemuaan massal, menjauhi perkumpulan, dan menjaga jarak. Para pekerja, mahasiswa, dan siswa melakukan pekerjaannya di rumah atau yang bisa disebut Work From Home.
Membatasi aktivitas di luar rumah dan menghabiskan waktu dengan berdiam di rumah tentunya memunculkan rasa bosan. Aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang membuat diri kita lelah dan cepat bosan. Apalagi selama di rumah terkadang kita melupakan kesehatan kita karena merasa aktivitas yang dilakukan di rumah itu santai.
Aktivitas yang dilakukan di rumah dengan santai dalam artian kita bebas untuk makan, tidur, bekerja lagi. Nah aktivitas seperti itu yang membuat badan tidak sehat sehingga menimbulkan stress. Untuk itu perlu dilakukan aktivitas olahraga walaupun dilakukan  beberapa menit dampaknya sangat bermanfaat. Daripada tidak melakukannya sama sekali.
Nah olahraga apa aja sih yang dapat dilakukan selama masa karantina ini di rumah?
  • 1.      Workout

Olahraga ini merupakan olahraga yang bakal membakar kalori anda. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan olahraga bisa mencoba olahraga ini, namun bagi pemula juga bisa dilakukan. Karena selama masa karantina anda bisa mengikutinya melalui video dari YouTube. Ada beberapa rekomendasi channel YouTube untuk anda yaitu Joanna Soh official, Chloe Ting, dan MrandMrsMuscle.
  • 2.      Yoga

Olahraga ini membuat anda lebih tenang. Cocok banget selama masa karantina ini untuk mengurangi rasa stress. Selain itu juga, yoga dapat membuat tubuh anda menjadi rileks dan sehat. Anda bisa melakukan ini melalui video YouTube salah satu rekomendasi channel YouTube yaitu SKWAD Fitness.
  • 3.      Aerobik atau Zumba

Olahraga ini cocok bagi anda yang menyukai gerakan tubuh. Anda cukup melakukan aerobic atau zumba selama 30 menit. Olahraga ini bisa dilakukan dengan cukup mendengarkan alunan music atau menonton video dari YouTube. Ada rekomendasi channel Youtube yaitu dari STRONG Nation.
Agar lebih seru, anda bisa mengajak anggota keluarga anda lainnya untuk melakukannya secara bersama.
  • 4.      Lompat tali

Lompat tali merupakan olahraga yang bisa membuat anda berkeringat serta meregangkan otot. Tentunya ini, olahraga yang simple bagi anda yang tidak ingin melakukan olahraga dengan ribet. Cukup melakukannya selama 15-30 menit maka anda akan merasa lebih bugar.
  • 5.      Naik turun tangga

Jika anda tidak mempunyai waktu untuk olahraga cara ini merupakan hal yang simple. Manfaat pun dapat membakar kalori. Anda bisa melakukannya selama 10-15 menit.
  • 6.      Jogging

Olahraga jogging biasanya dilakukan di tempat umum seperti di Gor, taman, dan lain-lain. Namun selama karantina ini anda bisa melakukannya di halaman depan rumah. Anda bisa melakukan lari-lari kecil mengunakan treadmill jika tersedia di rumah anda.

Beberapa yang sudah disebutkan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan bagi anda bisa memilihnya yang sesuai dengan keinginan anda. Semoga selalu sehat dan melakukan aktivitas olahraga walaupun hanya sebentar atau tidak sama sekali.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19

Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19