5 Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Karantina Mandiri


5 Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Karantina Mandiri


COVID-19 telah menyebar di lebih dari seratus negara di dunia, salah satunya Indonesia. Meskipun Indonesia belum menerapkan aturan lockdown, namun pemerintah telah menggalakkan himbauan kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah, atau yang dikenal dengan istilah social distancing.
Merebaknya COVID-19 di Indonesia kini membuat banyak orang membatasi aktivitasnya di luar rumah dan membatasi bertemu banyak orang. Oleh karena itu, banyak yang menghabiskan waktu dengan berdiam di rumah, atau dikenal dengan istilah karantina mandiri.
Selama masa karantina mandiri ini banyak orang yang lebih memiliki menghabiskan waktu lebih banyak di rumah dengan berkumpul bersama keluarga dengan melakukan aktivitas bersama. Biasanya akan muncul rasa bosan jika Anda juga berlama-lama menghabiskan waktu di rumah saja. Bagi Anda yang bosan karena berlama-lama di rumah dan ingin melakukan aktivitas yang menyehatkan, berikut olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah selama masa karantina mandiri yang dilansir dari liputan6.com.

1.      Naik Turun Tangga dan Hula Hoop
Naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga bagi Anda yang bosan selama menjalani masa karantina mandiri di rumah. Caranya pun sangat mudah, karena Anda hanya perlu untuk menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Cukup lakukan ini selama 10-15 menit. Lakukanlah naik turun tangga serutin mungkin, karena manfaatnya untuk membakar kalori sangatlah efektif.
Salah satu olahraga yang sering dianggap juga sebagai permainan, holla hoop ini memang terlihat sederhana namun efeknya cukup luar biasa. Bagi wanita, hula hoop bermanfaat untuk membentuk pinggul yang indah dan bagi pria untuk melatih stamina bagian bawah tubuh.

2.      Yoga
Yoga  mungkin menjadi pilihan favorit bagi Anda yang ingin berolahraga selama masa karantina mandiri di rumah. Melakukan yoga di rumah selama masa karantina mandiri dapat membuat Anda lebih tenang dalam menghadapi ancaman penyakit yang ada di luar rumah.Selain itu, yoga dapat membuat tubuh Anda terasa lebih rileks dan sehat. Namun, untuk menghindari risiko cedera karena tidak ada pelatih yang mengawasi, lakukan gerakan yoga yang sederhana saja.Tidak perlu melakukan gerakan yoga yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri
.
3.      Skipping atau Lompat Tali
Olahraga yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat Anda berkeringat serta meregangkan otot.Olahraga ini juga tidak memerlukan skill khusus untuk melakukannya, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olahraga ini meskipun tanpa pengawasan dari pelatih olahraga Anda.
Cukup dengan melakukannya selama 15-30 menit sehari maka Anda akan merasa lebih bugar dan tentunya lompat tali bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan baik.
4.      Menari
Ada pilihan lain bagi Anda yang ingin melakukan olahraga namun bosan dengan olahraga yang itu-itu saja. Ditambah lagi jika Anda adalah orang yang menyukai tarian.Menari bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah selama masa karantina mandiri. Hampir mirip dengan zumba, Anda hanya perlu memutar musik atau video yang Anda suka, kemudian Anda bisa mengikuti gerakan dari tarian tersebut.Selain membuat mood naik, menari bisa membantu Anda untuk meningkatkan kebugaran tubuh.
5.      Aerobik atau Zumba
Selain yoga, olahraga ini menjadi pilihan olahraga di rumah yang juga populer. Aerobik atau zumba bisa dilakukan di rumah dengan cukup mendengarkan alunan musik atau menonton video melalui gadget yang tersedia di rumah Anda. Anda bisa mengikuti gerakan-gerakan dari aerobik atau zumba dari video tersebut.
Olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda cukup melakukan aerobik atau zumba selama 30 menit dalam sehari. Bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari, sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, agar lebih seru, Anda bisa mengajak anggota keluarga Anda lainnya di rumah untuk zumba bersama Anda.
Yuk jangan lupa berolahraga yaa, 5 pilihan diatas bisa jadi destinasi untuk olahraga kamu di rumah loh. Jangan malas berolahraga ya kawan – kawan, selamat mencobaaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

4 Syarat Olahraga Di Luar Selama Pandemi Covid-19

Cegah Stress Ditengah Pandemi COVID-19